Kreasi Boneka " JASMINE SHOP "

Masuk

Senin, 02 Agustus 2010

17 Question dalam wawancara kerja

17 Pertanyaan Yang Sering Diajukan Dalam Wawancara Kerja
Wawancara kerja sering dianggap suatu hal yang mengkhawatirkan bagi pelamar kerja. Karena tes wawancara inilah yang paling sering menentukan seseorang bisa diterima kerja atau tidak dalam suatu perusahaan. Hal ini menjadi "menakutkan", karena sebagian besar pelamar kerja tidak tahu pertanyaan apa saja yang sering dilontarkan oleh pewawancara dari suatu perusahaan. Berikut ini adalah 20 pertanyaan yang paling sering diajukan dalam wawancara kerja, beserta contoh jawabannya. Meskipun begitu, bukan berarti Anda mutlak menjawab pertanyaan seperti yang tertera di bawah ini. Anda bisa menyesuaikan atau mengembangkannya sendiri, sesuai dengan pengalaman atau kondisi Anda saat ini. Semoga informasi ini bemanfaat bagi Anda pelamar kerja yang akan menghadapi wawancara kerja.

Pertanyaan 1: "Tolong jelaskan tentang diri Anda?"
Contoh jawaban yang paling baik:Saya pernah bekerja di bidang costumer service selama 3 tahun. Dalam pekerjaan terakhir, saya mempunyai tim yang berangotakan 5 orang, saya memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik dan kemampuan antarpersonal, dan itulah yang memungkinkan saya bekerja dengan orang banyak pada beragam tingkatan. Latar belakang saya meliputi pengalaman kerja di perushaan besar dan kecil. Keunggulan saya adalah kemampuan organisasi dan mengkoordinasikan proyek untuk memastikan agar tenggat waktu terpenuhi.

Jawaban ini cukup baik karena menyajikan ringkasan yang baik tentang apa yang harus Anda tawarkan. Si pewawancara mengetahui berapa tahun pengalaman Anda, jenis perusahaan di mana Anda pernah bekerja, dan apa ang menjadi keunggulan Anda berkaiitan dengan pekerjaan itu. Jawaban itu juga menunjkkan kombinasi ang baik antara pengetahuan Anda, watak kepribadian dan kemampuan Anda.

Pertanyaan 2: "Mengapa Anda meninggalkan atau berniat meninggalkan pekerjaan terakhir Anda?"
Contoh jawaban yang paling baik:Perusahaan melakukan reoganisasi, dan bagian saya dihapus. Pekerjaan mulai membingungkan, dan itu tidaklah sesuatu yang mengejutkan. Saya menyukai pekerjaan dan orang-orang yang bekerja dengan saya, sehingga saya berharap hal ini jangan sampai mempengaruhi kami, tetapi sayangnya kami semua harus pergi. Saya akan mencari pekerjaan yang sama dengan pekerjaan itu.

Inilah jawaban yang terbaik, karena memiliki nada yang mantap. Anda tidak mengharapakan situasi ini terjadi. Anda memberikan penjelasan yang sederhana namun dapat dimengerti, dengan keputusan Anda terhadap situasi yang tidak menguntungkan.

Pertanyaan 3: "Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?"
Contoh jawaban yang paling baik: Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset berdasarkan reputasi perusahaan, realibilitas produk, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawan mereka memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan terbaik saya saat tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan itu. Saya tahu saya dapat menyesuaikan diri dengan budaya kerja perusahaan dan memilki banyak kontribusi.

Inilah jawaban yang paling kuat,karena menggambarkan perencanaan dan kontrol dari diri Anda. Bukan sekedar "ada lowongan, saya melamar". Anda menunjukkan bahwa Anda mengetahui apa yang Anda inginkan dan bagaimana Anda mendapatkannya. Anda memilih perusahaan ini dengan melakukan suatu riset dan memeriksa bagaimana karyawan menilai perusahaan ini. Jawaban ini menunjukkan keyakinan pada keahlian dan kemampuan Anda untuk menyesuaikan diri dengan budaya kerja perusahaan tersebut. Namun perlu Anda ingat, Anda jangan terlalu berlebihan, karena bisa menimbulkan masalah besar seperti halnya kekurangan percaya diri.

Pertanyaan 4: "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"
Contoh jawaban yang paling baik: Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek, dengan tujuan jangka panjang. Saat ini saya mencari sebuah posisi dalam sebuah perusahaan dengan catatan prestasi yang solid. Saya ingin memberikan kontribusi pengalaman-pengalaman saya di bidang ini. Tujuan jangka panjang akan berpengaruh pada perjalanan karir yang ada di perusahaan ini. Singkatnya, saya ingin berkembang secara pasti dalam sebuah perusahaan.

Jawaban ini sangat bisa diterima, karena ini adalah pertanyaan terbuka, tidak ada jawaban benar ataupun salah. Jawaban ini adalah terbaik karena ia terbuka bagi kesempatan-kesempatan yang memberikan ruangan bagi pertumbuhan, namun tidak membuat tujuan-tujuan Anda tampak tidak realistis, kaku, atau spesifik.

Pertanyaan 5: "Apa keunggulan Anda?"
Contoh jawaban yang paling baik:Keunggulan saya adalah perpaduan antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan berbagai pelanggan. Saya memandang diri saya seorang ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu membagi masalah-masalah kompleks menjadi konsep dengan bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti oleh para pelanggan.

Ini adalah jawaban yang paling kuat, karena ia memberikan gambaran yang luas tentang apa yang Anda bawa untuk posisi tersebut. Bukan hanya yang disyaratkan keahlian teknis-tetapi juga nilai tambah dari kemampuan Anda untuk bekerja secara langsung dengan konsumen. Demikian juga kemampuan yang kuat untuk menyampaikan informasi teknis dalam konteks makna yang sederhanadalam ketatnya persaingan kerja. Sangatlah perlu bagi Anda memikirkan keunggulan Anda lebih dari sekedar memenuhi kualifikasi. Apalagi yang dapat Anda tawarkan yang tidak dapat ditawarkan oleh kandidat lain.

Pertanyaan 6: "Apa kelemahan terbesar Anda?"
Jawaban yang paling baik:Kelemahan bukan sesuatu yang saya risaukan. Saya tahu, saya dapat meningkatkan kesabaran saya di saat bekerja dengan orang-orang yang tidak memiliki kesamaan langkah dengan saya. Yang saya lakukan sekarang adalah dengan cara membantu rekan-rekan tim yang memiliki masalah. Saya justru dapat bergerak lebih maju daripada menjadi seorang yang frustasi dan akhirnya tidak mampu melakukan apa-apa.

Di dalam jawaban ini terdapat penjelasan-penjelasan yang sangat jujur. Saat pemikiran ke depan tertuang dalam jawaban ini. Jawaban ini juga menunjukkan keinginan Anda untuk memperbaiki dan tindakan nyata apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan persoalan dalam pekerjaan.

Pertanyaan 7: "Kapan Anda pernah merasa sangat termotivasi?"
Contoh jawaban yang paling baik: Tahun lalu saya terlibat dalam sebuah proyek yang sangat mengasyikkan. Saya ditugaskan untuk bekerja dalam sebuah tim, dan kami harus melakukan perombakan tenytang sebuah produk yang tidak mendapat sambutan hangat dari para konsumen. Saya harus bangun pagi-pagi sekali untuk memikirkan bagaimana cara yang kreatif untuk menyelesaikan masalah ini. Bagian terbesar yang paling istimewa adalah tim yang bekerja dengan saya. Tim ini dan pemecahan masalah yang kreatif adalah hal yang paling berkesan dalam memberikan motivasi kepada saya.

Jawaban ini sangat kuat karena dipaparkan dengan spesifik. Anda dapat merasakan antusiasme, motivasi yang kuat dan kepuasan. Coba Anda pikirkan saat Anda terakhir kali merasa termotivasi.

Pertanyaan 8: "Bagaimana Anda menggambarkan kepribadian Anda?"
Contoh jawaban yang baik:Saya orang yang memiliki motivasi yang tinggi jika menemui masalah dan tantangan yang menurut saya baru saya alami. Saya dapat "berlari" lebih kencang dari siapapun yang saya kenal. Saya memiliki catatan kesuksesan yang telah terbukti dalam hal menepati tenggat waktu. Sikap saya terhadapa pekerjaan adalah apapun akan ditempuh, agar pekerjaan selesai dengan baik. Siapapun orang yang pernah bekerjasama dengan saya dalam sebuah tim akan mengatakan bahwa saya orang sangat mendukung semangat tim.

Jawaban ini sangat tepat. Anda harus selalu ingat, setiap anda menjelaskan keunggulan Anda, harus disertai dengan bukti yang nyata, dan tidak hanya mementingkan diri Anda sendiri. Anda berhasil karena ada orang lain yang mendukung Anda, Anda harus menyadari hal itu.

Pertanyaan 9: "Apakah Anda pernah dipecat?
Contoh jawaban yang baik: Salah seorang anggota tim kerja melapor kepada saya,bahwa telah melakukan kesalahan yang fatal, sehingga menyebabkan kerugian perusahaan yang cukup besar. Karena saya adalah atasannya, kami berdua dipecat. Pada awalnya saya pikir ini tidak adil, namun saya menyadari bahwa orang itu berada di bawah pengawasan saya, dan saya bertanggung jawab penuh atas apa yang terjadi. Saya telah meletakkan kejadian itu di belakang, dan kini saya sedang melangkah ke depan untuk mencari peluang baru.

Jawaban yang singkat dan jujur, itulah yang dicari dari suatu perusahaan. Ini tentu bukan suatu kebanggaan, namun dari pihak pewawancara lebih cenderung menilai dari sisi kejujuran Anda, Anda menyadari dan berusaha untuk tetap maju. Perlu diketahui, perusahaan lebih sulit mencari karyawaan yang jujur, daripada karyawan yang pintar.

Pertanyaan 10: "Pengalaman apa yang Anda milki, sehingga Anda merasa memenuhi syarat untuk posisi ini?"
Contoh jawaban yang paling baik:Dengan pengalaman empat tahun bekerja di bidang elektronika, saya telah bekerja pada tipe-tipe sistem yang dibutuhkan bagi pekerjaan ini. Keunggulan saya adalah pada keahlian kepemimpinan yang saya miliki. Saya telah menjdi pengawas para teknisi dengan jadwal. Jika Anda bertanya pada para anggota tentang diri saya, mereka akan mengatakan saya selalu ada manakala mereka membutuhkan saya. Saya sangat mudah beradaptasi dan telah bekerja sampai 70 jam dalam sepekan sehingga kami dapat menepati tenggat waktu.

Ini adalah jawaban yang paling kuat. Jawaban ini memberikan gambar yang luas tentang diri Anda dan bagaimana keahlian-keahlian yang Anda punya akan memenuhi apa yang ditanyakan oleh pewawancara. Di siini dijelaskan contoh dari kelebihan Anda di bidang teknologi, keahlian kepemimpinan dan kesediaan Anda untuk melakukan "apa pun agar pekerjaan Anda selesai dengan baik." Adanya dukungan dari pihak ketiga dari orang-orang yang pernah bekerjasama dengan Anda sangat membantu Anda.

Pertanyaan 11: "Mengapa begitu lama Anda baru menemukan sebuah pekerjaan?"
Contoh jawaban yang baik:Saya benar-benar tidak yakin. Saya punya latar belakang yang sangat bagus dengan pengalaman empat tahun di industri ini dan pengetahuan mengenai beberapa program perangkat lunak. Saya tahu bahwa di luar sana banyak yang memilki keahlian yang serupa, namun yang membedakan saya adalah kemampuan saya dalam menjalin hubungan dan bekerja dengan peleanggan dari beragam latar belakang. Dengan memilki kombinasi keahlian teknis dan keahlian bergaul dengan orang telah membantu saya untuk maju.

Ini adalah jawaban yang paling jujur,jawaban ini juga mengelak dari pertanyaan dan fokus pada apa yang Anda tawarkan, khusunya apa yang membedakan diri Anda dari semua orang lain yang sedang melamar pekerjaan. Membicarkan tentang apa yang dapat Anda berikan pada pekerjaan ini, bukannya apa yang telah Anda tempuh untuk sampai pada tahap tes wawancara ini adalah sebuah teknik yang baik.

Pertanyaan 12: "Bagaimanakah atasan Anda sekarang atau mantan atasan Anda akan memberikan gambaran tentang kinerja Anda?"
Contoh jawaban yang baik: Saya dan atasan saya yang terakhir memiliki kepribadian yang berbeda, dan kadang hal itu menimbulkan konflik. Saya pikir dia akan mengatakan bahwa di atas semua itu adalah seorang profesional dalam hal berhubungan dengan pelanggan, baik internal maupun eksternal. Dia juga akan mengatakan kepada Anda bahwa saya menepati semua tenggat waktu yang diberikan.

Jawaban ini cukup baik, karena menunjukkan adanya keahlian dalam berkomunikasi dan bergaul dengan orang lain.dan orang adalah sosok yang dapat diandalkan dan menepati tenggat waktu, yang mana itu adalah suatu hal yang baik, tapi akan lebih sempurna jika diperkuat dengan contoh.

Pertanyaan 13: "Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?"
Contoh jawaban yang baik:Saya telah melakukan riset atas perusahaan ini dan memeriksa tujuan yang Anda nyatakan beserta ide-idenya, nilai-nilai dan prinsip-prnsip yang Anda dukung.Saya sangat akrab dengan produk Anda dan perusahaan pesaing Anda. Saya meneliti latar belakang kedua orang pendiri perusahaan ini dan menyusuri jejak karirdan keberhasilan mereka. Saya tahu saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini.

Jawaban ini sangat baik, karena sekaligus mendemonstrasikan kemampuan yang dimiliki,bukan hanya melakukan riset atas perusahaan tersebut, namun menggali lebih dalam tentang pendirinya,pesaingnya,produk-produk mereka.

Pertanyaan 14:"Coba Anda gambarkan gaya kepemimpinan Anda?
Contoh jawaban yang baik:Jika Anda menanyakan kepada anggota tim kerja saya, mereka akan megatakan bahwa saya adalah orang yang akrab dan terbuka. Saya berusaha untuk selalu ada. Tujuan saya adalah untuk mengenali kekuatan orang-orang. Baru-baru ini saya mempromosikan seseorang anggota tim yang mulanya adalah seorang karyawan yang bermasalah,namum melalui suatu pelatihan secara pribadi dari saya, disertai dengan kemauan dari dirinya untuk menambah waktu, kini dia telah menjadi seorang yang berhasil.

Jawaban ini sangat kuat,karena memberikan contoh spesifik dan dukungan tidak langsung dari tim Anda. Ini merupakan teknik yang baik untuk digunakan manakala Anda sedang menjawab sebuah pertanyaan subjektif seperti pertanyaan ini. Hal ini juga menunjukkan adanya sebuah komitmen yang tulus pada anggota tim kerja dan membiarkan mereka tahu bahwa pekerjaaan mereka dihitung dalam gambaran yang lebih luas dan memberikan contoh spesifik tentang bagaimana Anda melakukannya.

Pertanyaan 15: "Bagi Anda hal apakah yang terpenting dalam suatu pekerjaan/ perusahaan?"
Contoh jawaban yang baik:Hal yang pertama kali saya cari adalah kepuasan kerja. Maksud saya adalah sebuah perasaan bahwa pekerjaan saya ini faktanya adalah penting. Saya juga mencari pekerjaan yang memiliki peluang untuk berkembang. Saya ingin tumbuh bersama perusahaan itu. Saya ingin membina hubungan yang menyenangkan dengan teman-teman sekerja saya. Saya menghabiskan banyak waktu pada pekerjaan saya dan ingin hal itu menjadi sebuah pengalaman yang baik.

Jawaban ini sangat kuat karena menawarkan nilai-nilai lebih luas. Kepuasan kerja menduduki nilai bagi hampir semua pelamar kerja. Karena Anda menerangkan arti kepuasan kerja bagi Anda, pewawancara memiliki ide yang lebih baiktentang minat karir Anda. Bacalah pada iklan lowongan kerja dan tentukanlah nilai-nilai apa yang terpenting di perusahaan tersebut. Ini adalah peluang untuk membuat pewawancara mengetahui bahwa Anda akan "merasa cocok" dan menikmati pekerjaan di sana.

Pertanyaan 16: "Mengapa kami harus menerima Anda?"
Contoh jawaban yang baik: Jika Anda bandingkan antara kualifikasi yang saya miliki dengan persyaratan yang Anda butuhkan, akan Anda lihat bahwa saya orang yang sangat cocok untuk menduduki posisi tersebut. Anda sedang mencari seseorang yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dan keahlian yang saya miliki di bidang ini, disamping itu saya memiliki keahlian menulis yang sangat baik. saya mempunyai kemampuan untuk bekerja dengan beragam orang dari semua lapisan.

Ini adalah jawaban yang paling kuat. Cara terbaik untuk mempengaruhi pewawancara bahwa Anda adalah orang terbaik untuk menduduki pekerjaan itu adalah dengan menampilkan diri sebagai orang yang paling cocok dengan persyaratan yang diperlukan sedekat mungkin. Buatlah agar mereka mengetahui bahwa Anda adalah orang yang cocok dengan mengatakan kepada mereka tentang keahlian-keahlian Anda, khususnya pada area-area spesifik yang dibutuhkan.

Pertanyaan 17: "Berapa gaji yang Anda minta untuk posisi ini?"
Contoh jawaban yang paling baik:Saya benar-benar membutuhkan informasi yang lebih dalam lagi tentang pekerjaan ini dan tunjangan-tunjangan lainnya sebelum saya bisa menyatakan angkanya. Saya rasa setelah saya mendapatkan fakta-faktanya kita dapat membuat kesepakatan soal angkanya. Bisakah Anda memberitahukan saya rentang gaji yang telah Anda anggarkan untuk posisi ini?

Ini adalah inti pertanyaan dari semua wawancara kerja. Pertanyaan ini bisa meluluskan Anda atau menggagalkan Anda. Jawaban ini adalah yang paling kuat karena Anda menunda menjawab perbincangan soal gaji itu hingga tersedia fakta-fakta yang lebih banyak. Pihak pemberi kerja pun juga diberi beban dengan menanyakan berapa rentang yang telah dianggarkan. Sebelum Anda memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai tanggung jawab pekerjaan tersebut dan rentang gaji yang yang dibuat bagi seseorang yang memiliki latar belakang pengalaman seperti Anda, Anda tidak bisa memberikan angka yang akurat kepada pewawancara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar